Kamis, 06 Desember 2012

KONEKSI INTERNET DAN ISP


KONEKSI  INTERNET
a.                 Jaringan Komputer (LAN)
Keuntungan melakukan akses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet  lebih  murah. Kelemahan dari askes intrnet melalui LAN adalah jika sedang melakukan akses yang banyak,akses akan menjadi lambat,terlebih jika bandwidth yang ada terbatas.
b.                Saluran Telepon Langsung
Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah jaringan yang luas. Asal kan sudah terpasang telepon, kita dapat mengguna kan akses ini.
c.                 Teknologi ADSL
Teknologi ADSL memungkin kan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirim data.
d.                Jaringan TV Kabel
jaringan TV kabel di buat untuk jalur komunikasi data yang lebar. Kelebihan mengakses internet dengan jaringan TV kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
e.                 GPRS
GPRS adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaat kan gelombang radio. GPRS merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah (2,5G) yang merupakan perkembangan dari teknologi GSM (2G)
f.                   WiFi
WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekwensi tinggi untuk menggirim kan data.
Frekwensi yang digunakan oleh teknogi WiFi berada pada spectrum 2,4 GHz.

g.                 Wireless Broadband
Berbeda dengan WiFi , Wireless Broadband dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60 km / jam.
h.                3G
Kelemahan dari teknologi 3G, selain bandwidth yang lebar, juga dapat didukung dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Acsess).
Akses Internet
1.    Internet Service Provider
Koneksi ke internet membutuhkan infrakstruktur yang sangat mahal perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan internet service provider (ISP).
Jika kita ingin menghubungkan computer kita ke internet, kita harus menghubungkan computer kita ke sebuah ISP. Kemudian kita akan dikenakan biaya atas jasa layanan yang diberikan oleh ISP yang kita gunakan.
ISP-ISP yang saat ini menawarkan layanan koneksi ke internet yang berbeda-beda. Sebelum memilih ISP yang ingin kita gunakan terlebih dahulu kita harus memilih jenis koneksi yang ingin kita gunakan.
Ada beberapa criteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP antara lain sebagai berikut.
1.     Kecepatan transfer data
Internet merupakan sarana komunikasi-komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi sata-data (teks,suara,gambar,suara). Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps) berarti banyak data yang dapat dipindahkan dari satu computer ke computer lain dalam satu detik ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8;33.6” atau 56 kbps. Sayangnya kecepatan jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.

2.     Bandwidth
Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama  oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat di ibaratkan sebagai sebuah jalan yang dilewati oleh banyak kendaraan (data-data) secara bersamaan.
3.     Memiliki server proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy. Pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya.
4.     Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. pembuatan sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP.
5.     Keamanan data
Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.
6.     Layanan yang diberikan
Kita perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail? Apakah e-mail mendukung P0P3? Apakah ISP dilengkapi dengan spam filter.
7.     Biaya
Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan system packet. Biasanya system paket akan lebih murah bila dibandingkan dengan system pembayaran per waktu pemakaian.
8.     Hardware
Beberapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan dan rasio pelanggan per modem.


9.     Teknologi yang digunakan
Bebrapa ISP untuk layanan koneksi dial-up menggunakan teknologi komprensi data yang memungkinkan transper data menjadi lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar